Meretas Jalan Menuju Kemerdekaan Pendidikan: Peran Esensial Institusi Pendidikan Kristen di Indonesia
Kata Kunci:
Diskursus, Kemerdekaan Pendidikan, Refleksi, Institusi PendidikanAbstrak
Tujuan penelitian adalah menyelidiki peran institusi pendidikan Kristen dalam mewujudkan kemerdekaan pendidikan bagi individu dan masyarakat secara luas. Mengeksplorasi prinsip-prinsip, nilai-nilai, dan praktik-praktik yang diterapkan dalam institusi pendidikan Kristen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, merata, dan berkualitas. Mengidentifikasi tantangan dan hambatan untuk mewujudkan kemerdekaan pendidikan dalam konteks institusi pendidikan Kristen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengandalkan berbagai literatur tentang kesetaraan atau kemerdekaan dan keadilan dalam pendidikan. Studi literatur dilakukan secara sistematis, dimulai dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, majalah, dan internet. Kesimpulan penelitian, yaitu: diperlukan kerjasama antara institusi pendidikan Kristen, pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang merata dan inklusif. Komitmen bersama diperlukan untuk mengatasi tantangan seperti komersialisasi pendidikan dan rendahnya sumber daya manusia. Langkah-langkah konkret seperti peningkatan mutu pendidik dan pemberdayaan masyarakat menjadi kunci mencapai kemerdekaan pendidikan.
Referensi
Abidin, Yunus, and Sofyan Iskandar. 2022. “Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21 Angga 1, Yunus Abidin 2 , Sofyan Iskandar 3.” Basicedu 6 (1): 1046–54.
Ahmad Bahrudin. 2007. Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.
Darmaningtyas, Ki. 2022. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: Buku Bijak.
Effendy, Rustan. 2014. “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan.” Al-Maiyyah 07 (2): 142–65.
Fellang, Iskandar. 2022. “Liberalisasi Dan Komersialisasi Pendidikan” 3 (April): 13–26.
Jadidah, Amatul; Mufarrohah. 2016. “Paradigma Pendidikan Alternatif: Majelis Taklim Sebagai Wadah Pendidikan Masyarakat.” JURNAL PUSAKA : Media Kajian Dan Pemikiran Islam 4 (1): 28–42.
Junifrius Gultom. 2023. “Reward-Penalty System Sebagai Implementasi Pengembangan Profesionalisme Dalam Lingkungan Kerja Kegerejaan.” In . Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Kristia Trikurnianto Pandu, Aminuyati, Thomy Astra Atmaja. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Menengah Pertama Di Desa Maju Karya Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau” 13 (2): 543–50.
Latif, Yudi. 2021. Pendidikan Yang Berkebudayaan Histori, Konsepsi, Dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Jakarta: Gramedia.
Marbun, Japarlin. 2016. “Peranan Gereja Bagi Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen I: 141–62.
Maulana, A. 2022. “Pancasila Sebagai Budaya Bangsa Dalam Pendidikan Nasional,” 1–6.
Nuraini Purwandari dan Achmad. 2022. “Penerapan Technopreneur Dasar Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar Tingkat Kecamatan Cikarang.” KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi 9 (1): 28–33.
Rida Fironika K. 2015. “Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2 (1): 43–64.
Riska Oktafiana, Fathiyani, Musdalifah. 2020. “Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Mappesona 3 (1): 26–31.
Rustiawan, Hafid. 2021. “Komersialisai Pendidikan (Analisis Pembiayaan Pendidikan).” Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan 16 (1): 44–63.
Safarah, Azizah Arifinna, and Udik Budi Wibowo. 2018. “Program Zonasi Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 21 (2): 206.
Sugiharto, Vebri. 2021. . “. Potensi Pendirian Bank Wakaf Mikro Sebagai Sarana Penguatan Ekonomi Umat Islam (Studi Kasus Pesantren Di Kabupaten Mandailing Natal).” EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah 2 (1): 108–26.
Wahyaningsih, Sri. 2018. Oase Pendidikan Di Indonesia Kisah Inspiratif Para Pendidik. Jakarta: Tanoto Foundation.
Wijadno, Serian. 2018. Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, Dan Ekomonis Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Mutu Lulusan. Jakarta: Salemba Empat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Katharos: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Teologi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.